by

Indonesia dan AS : Sepakat Tingkatkan Kerjasama Penerbangan

-HOT NEWS-940 views

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka pertemuan kelompok kerja Indonesia –Amerika Serikat untuk mendiskusikan kerjasama penerbangan sipil antara kedua negara. Kerjasama tersebut merupakan bagian dari kelanjutan program U.S – Indonesia Aviation Working Group.
Dalam pertemuan yang bertajuk “Indonesia-U.S. Cooperating For Aviation Growth,” yang diselenggarakan 17 Januari 2017 tersebut hadir pula duta besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan.
Menurut Menteri Budi Karya Sumadi, pertemuan Indonesia-U.S Aviation Working Group ini akan meningkatkan hubungan antara Indonesia dan AS lebih dekat. “Dengan kerjasama ini banyak manfaat yang diperoleh kedua negara terutama dalam meningkatkan masyarakat transportasi udara di Indonesia,” jelas Menhub.
Menhub meminta agar working group ini dapat membahas strategi mempertahankan capaian FAA category 1, bagaimana memfasilitasi Garuda Indonesia dan Maskapai US agar penerbangan Garuda Indonesia ke Los Angeles dan New York serta Maskapai US ke Indonesia, khususnya Jakarta dan Bali bisa berjalan.
Selain itu, katanya, juga dapat dilakukan pengembangan kerjasama pengelolaan Bandara Kualanamu dan Bandara Balikpapan serta bandara-bandara kecil khususnya Papua dengan skema PPP. “Peningkatan kerjasama ini diharapkan dapat membantu Indonesia untuk modernisasi dan peningkatan kapasitas dalam pengelolaan FIR”.
U.S – Indonesia Aviation Working Group merupakan wadah bagi Pemerintah, BUMN dan sektor swasta Amerika Serikat serta Indonesia guna melakukan pertukaran informasi dan pengalaman kerjasama yang telah dilakukan dengan negara mitra lain di seluruh dunia untuk mendukung pertumbuhan sektor penerbangan sipil di Indonesia. B

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT