by

Bandara Sultan Kaharuddin : Terminal Baru Operasi 2018

Bandara Sultan Kaharuddin yang terletak di Kabupaten Sumbawa, NTB kini terus melakukan peningkatan fasilitas dan pelayanan dengan membangun terminal penumpang angkutan pesawat udara tahap II guna mengakomodasi meningkatnya arus penumpang melalui bandara tersebut.
Kepala Bandara Sultan Kaharuddin, I Kadek Yuli Sastrawan, mengemukakan bahwa pembangunan terminal itu saat ini masih dalam tahap pengerjaan dan diharapkan dapat selesai di tahun 2017.
Dia menjelaskan bahwa pembangunan terminal tahap I tahun 2016 seluas 1.950 M antara lain berupa bangunan induk dan tahap II tahun 2017 pembuatan canopy untuk loby sisi udara dan darat serta kelengakapan terminal.
Dia menjelaskan bahwa pembangunan ini sudah masuk ke tahap II. “Dengan terminal baru ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan yang lebih kepada pengguna jasa bandara, “katanya.
Menurut dia, rencana pembangunan terminal bandara tersebut dijadwalkan selesai tahun ini agar segera dapat dinikmati oleh pengguna jasa bandara. “Terminal baru ini rencananya akan diresmikan tahun 2018,” katanya saat bertemu dengan awak Majalah Bandara belum lama ini di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta.
I Kadek juga menjelaskan lebih lanjut, bahwa Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang (BP3) Banyuwangi akan membuka training penerbangan di Sumbawa. “Rencananya BP3 Banyuwangi juga akan membuka training penerbangan di Sumbawa,” ujarnya.
Bandara Sultan Kaharuddin adalah salah satu bandara yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Bandara yang terletak di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini masih menggunakan landasan pacu sepanjang 1650 x 30 meter. “Kita ada wacana untuk memperpanjang runway. Tahun ini sudah pembebasan lahan dan baru overlay,” kata I Kadek.
Pembebasan lahan itu, katanya, untuk pengembangan bandara tahun 2017. “Pemda provinsi dan kabupaten sudah menganggarkan dana untuk pembebasan lahan seluas 15,7 hektar.
Dia mengemukakan bahwa dalam sehari terdapat 6 pergerakan pesawat di bandara ini. “Pesawat yang terbang dari dan ke bandara ini yakni Garuda Indonesia dan Wings Air dengan tujuan Lombok – Sumbawa. Selama ini, Bandara Kaharudin sudah ada melayani pesawat latih milik PT Lift yang berpusat di Lombok, “katanya. B

Comment

BERITA TERKAIT