by

Bandara Rar Gwamar Dobo : Runway Diperpanjang 2018

Seiring dengan meningkatnya pengguna jasa transportasi udara, Bandara Rar Gwamar Dobo terus melakukan pembangunan dengan memperpanjang runway agar dapat didarati oleh pesawat besar yang dapat membawa penumpang dalam jumlah yang lebih banyak
Bandara Rar Gwamar Dobo adalah bandara yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Bandara ini terletak di Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Bandara ini masih menggunakan runway sepanjang 1.300 meter.
Kepala Bandara Rar Gwamar Dobo, Januaris Seralurin, mengemukakan bahwa runway 1.300 meter tersebut rencananya akan diperpanjang menjadi 1.800 meter sesuai dengan masterplan. “Perpanjangan runway dilakukan secara bertahap, dimulai dari 1.500 meter yang rencananya akan dilakukan pada tahun 2018, “katanya saat bertemu dengan Tim Majalah Bandara di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Dia menjelaskan bahwa pada 2015, landasan pacu jebol sepanjang 300 M, sehingga yang efektif digunakan hanya 1000 M. “Perbaikan landasan pacu yang jebol itu baru selesai pada 31 Desember 2015, “ujarnya.
Januaris mengambil inisiatif memperbaiki landasan pacu yang jebol itu supaya bandaran tersebut tetap eksis. “ Bila kerusakan berat seperi itu tidak diperbaiki, maka bandara itu akan ketinggalan, tidak ada pesawat yang mau mendarat, sehingga berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan kota Kabupaten Aru, “katanya.
Dia mengemukakan bahwa ke depan maskapai Wings Air sudah merencanakan akan terbang ke bandara Rar Gwamar Dobo mulai awal Februari setelah selesainya pelebaran landasan pacu.
Landasan pacu bandara Rar Gwamar Dobo kini diperlebar dari 23 M menjadi 30 M, sedangkan run way-nya akan diperpanjang dari 1.300 M menjadi 1.400 M menggunakakan dana APBN, kemudian ada tambahan dana dari APBD, sehingga run way-nya akan menjadi 1.500 M. B

Comment

BERITA TERKAIT