by

Bandara NYIA, Kulon Progo : Ditargetkan Rampung 2019

Bandara baru di Kulonprogo, Yogyakarta, ditargetkan dapat dioperasikan pada Maret 2019. Namun pembangunan menyeluruh bakal selesai pada akhir tahun 2019.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan hal tersebut saat meninjau lokasi pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
“Insya Allah bisa beroperasi pada kuartal pertama 2019,” kata Budi di lokasi peletakan batu pertama NYIA di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Sabtu (21/1/2017). Lokasi itu terletak di sebelah selatan Satuan Radar 215 TNI AU di Dusun Congot. Menhub didampingi antara lain Dirut PT Angkasa Pura I Danang S Baskoro.
Pembangunan Bandara NYIA yang digagas sejak tahun 2012 dimaksudkan untuk menggantikan Bandara Adisutjipto yang sekarang ini kapasitasnya tidak memadai lagi.
Kelak Bandara NYIA menampung 15 juta penumpang per tahun. Jumlah itu naik tinggi dibandingkan kapasitas Bandara Adisutjipto 1,2 juta penumpang per tahun.
Tahap awal pembangunan yang akan dilakukan adalah pekerjaan pre-eliminary, seperti pemagaran area bandara, land clearing, dan pemindahan pohon. Tahap tersebut akan dikerjakan selama 3-6 bulan. Selanjutnya pengerjaan fisik akan dilakukan pada pertengahan tahun, seperti konstruksi landasan pacu atau runway dan apron pesawat. Sementara pembebasan lahan akan diselesaikan pada April 2017.
Sampai pertengahan Januari 2017 lahan yang sudah dibebaskan mencapai 91 persen dari 578,2 hektar. Sisanya 9 persen atau 51 hektar, akan diselesaikan melalui proses konsinyasi. B

Comment

BERITA TERKAIT