by

Bandara Mopah Merauke : Siapkan Terminal Baru

Bandara Mopah Merauke terus bergeliat melakukan pembenahan infrastruktur dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa, hal ini dapat dirasakan dengan telah dimulainya pembangunan terminal penumpang baru yang nantinya akan jadi kebanggaan masyarakat Merauke.
Kepala Kantor UPBU Kelas I Mopah Merauke Budi Djatmiko mengemukakan bahwa fokus pembangunan Bandara Mopah sekarang adalah untuk dapat menyelesaikan pembangunan terminal penumpang sehingga dapat siap digunakan pada tahun 2020.
Pada tahun 2020, katanya, akan ada event besar yang akan diselenggarakan di Kota Rusa Kabupaten Merauke tersebut, yaitu penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di mana terdapat enam (6) cabang olahraga yang akan dipertandingkan.
Dia menjelaskan bahwa pembangunan terminal penumpang baru tersebut hanyalah salah satu pembangunan yang akan menjawab kebutuhan atas peningkatan jumlah penumpang yang bergerak naik setiap tahunnya dengan rata-rata pertumbuhan di atas 8%.
Selain itu, katanya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Merauke yang tinggi di atas 5% per tahun, serta akan ditetapkannya Kabupaten Merauke sebagai Kawasan Ekonomi Khusus tentu akan meningkatkan jumlah pergerakan pesawat, penumpang dan barang di tahun-tahun ke depan.
“Pembangunan terminal baru yang sekarang dilaksanakan adalah masih merupakan tahap I fase 2 dengan ultimate design,” katanya pada Tim Majalah Bandara saat bertemu di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, belum lama ini.
Budi menjelaskan bahwa bandara yang berada di Papua Barat dan Papua harus saling bersinergi untuk membangun tol udara sesuai dengan Instruksi Presiden Joko Widodo. “Untuk membangun tol udara, bandara harus saling bersinergi untuk logistik dan harus terhubung juga dengan pelabuhan. Selain tol udara, pelabuhan juga ada tol laut,” katanya.
Bandara yang terletak di Merauke ini dalam sehari memiliki movement pesawat rata-rata adalah 22 pergerakan per hari. Angka itu memang masih relatif kecil karena ketidaksiapan terminal penumpang lama yang hanya berkapasitas 381 penumpang, padahal penumpang pada golden time pesawat yang ada sekarang mencapai 500 penumpang. B

Comment

BERITA TERKAIT