Tour SulitAir Malang Batu & Bromo Berwisata Sembari Silaturahim

Ditulis oleh Teks dan Foto Erwin Nurdin on . Posted in Tour & Travel

Kegiatan tour yang digagas Alumni SMP Negeri Sulit Air dan didukung majalah Bandara dengan melibatkan sejumlah sponsorship, bisa disebut berwisataria dan kangen-kangenan.
Tour dimulai dengan perjalanan dengan KA dari Stasiun Senen Jakarta menuju Stadion Malang Baru. Sepanjang perjalanan, gerbong 2 KA Majapahit yang sudah dipesan khusus untuk rombongan, penuh gelak tawa, canda ria dan haha hihi huhu. Beragam kuliner dan penganan kecil khas Suliek Aie dinikmati sepanjang perjalanan.
Kenangan sepanjang perjalanan pergi dan pulang, menikmati Malang, Batu dan Bromo seperti akan jadi kenangan abadi.
Peserta yang lebih dari 100 orang, berasal dari sejumlah kota seperti Jakarta, Padang , Lampung, Bandung dan tuan Rumah Surabaya.
Selain kegiatan tour, pada malam kedua digelar sarasehan dengan topik Peran Warga Minang Perantauan Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Kab.Solok, Kota Solok dan Sumbar dengan nara sumber utama Wakil Wali Kota Solok Reinier Dt. Intan Batuah, Kadispar Kab. Solok Yandra Prasat, Ketua SAS Surabaya Indra dan Wali Nagata Sulit Air Alex Suryani Hadir kepala SMP Sulit Air Nurial dan sejumlah tokoh masyarakat.
Dari peserta tour memberikan donasi untuk Sulit Air dalam bentuk 2 unit Toa Megaphone, 70 pcs t-shirt, gula,kopi,teh bagi warga gotong royong di Taram, Jonggi dan Taruko. B

Silaturrahmi Warga Sulit Air Jabotabek

Ditulis oleh Teks dan Foto Erwin Nurdin on . Posted in Tour & Travel

Hari Ahad kemarin, 4 Februari 2018, berlangsung pertemuan Silaturrahmi Masa Senja (SMS) warga Sulit Air di Jabotabek bertempat di Ruang Petemuan ”Pondok Citra”, Jl. Pramuka Jakarta Timur. Silaturrahmi tersebut berlangsung meriah, unik, lucu dan juga mengharukan. Ada sekitar 40 orang tua-tua warga Sulit Air yang hadir dalam silaturrahmi tersebut.  Ditambah para pendamping mereka, maklum banyak yang sudah uzur, ada sekitar 50 orang semuanya. Foto-foto pada silaturrahmi sudah diposting oleh Rapitos di Wafasa ini dalam jumlah yang cukup banyak dan cukup jelas. Para pembaca dapat melihat sendiri, siapa-siapa yang hadir tersebut.
 Inilah pertemuan warga Sulit Air yang meriah, lucu, unik, dan mengaharukan, yang jarang terjadi.  Zainuddin Marah Batuah (90 tahun) dari Depok, memang nampak sudah tua, kegagahan masa muda dulu sudah sirna, tak terlihat lagi, namun masih kuat berjalan. Muslim Marah berjalan dipapah oleh dua orang kiri-kanan, isteri beliau yang baru dari Jawa Timur dan masih muda (dengan berpulangnya Eva beberapa tahun yang lalu). Musnarli dengan pasangan beliau wanita dari Maninjau, kurang lebih demikian juga.  Musmar Muin yang kita lihat di Wafasa beberapa bulan yang lalu terbaring lemah di rumah sakit, memaksakan diri datang dari Bandung, walau dengan kursi roda. B

Kementerian Pariwisata : Program Hot Deals Genjot Wisman

Ditulis oleh Release Kemenpar on . Posted in Tour & Travel

Setelah sukses dilaksanakan pada tahun lalu, kini program promo hot deals guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara cross border, khususnya dari Singapura dan Malaysia menuju Batam dan Bintan kembali diselenggarakan di tahun ini dan diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam pencapaian kunjungan wisman yang tahun ini ditargetkan sebesar 17 juta wisman.
Asdep Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar Rizky Handayani mengatakan, hasil evaluasi pelaksanaan program hot deals 2017 yang melibatkan operator ferry dan  industri pariwisata di Batam dan Bintan, Provinsi Kepulaun Riau (Kepri) pada tahun lalu menunjukkan hasil cukup memuaskan. “Paket yang terjual (termasuk tiket ferry) dari tanggal 21 Juli hingga 31 Desember 2017 mencapai 102.589 dengan total transaksi sebesar Rp 88,5 miliar,” kata Rizky Handayani.
Program hot deals 2017 melibatkan tiga operator ferry, yaitu Batam Fast, Majestic dan Bintan Ferries yang melayani rute Singapura ke Batam juga Bintan, serta tiga operator ferry Citra, Indomas dan Pintas yang melayani rute dari Johor ke Batam juga Bintan dengan total penjualan sebanyak 105.000 tiket, dan 82 industri pariwisata, yang terdiri dari Hotel & Resort, Tour & Travel, Golf Course, serta Spa & Wellness di Kepri dengan membuat 258 paket wisata.  
Untuk mensukseskan program tersebut, Kemenpar bersama stakeholder pariwisata Kepri melakukan strategi BAS (Branding, Advertising, dan Selling) dengan kegiatan antara lain  ferry wraping pada 15 ferry rute Singapura menuju Batam-Bintan dan tiga ferry rute Johor menuju Batam dan Bintan menyelenggarakan familiarization trip mengundang media surat kabar, media sosial, dan blogger hingga media placement, launching program dan press conference juga consumer selling di lokasi strategis antara lain di Harbourfront Mall & Chinatown Point di Singapura dan AEON Mall Kulai Jaya, AEON Mall Dato Onn, City Square, dan AEON Mall Tebaru di Johor Baru, Malaysia. B

Melihat Indonesia dengan Sea Safari Cruises

Ditulis oleh Teks dan Foto Vianty Manullang on . Posted in Tour & Travel

Banyak cara melihat pesona Indonesia. Salah satunya bisa melihatnya dari kapal pesiar Sea Safari Cruises. Ikuti perjalanan memesona dengan konsep “kapal phinisi” dan kemudian menikmati keindahan Indonesia, serta mengenal budaya Indonesia.
     Sea Safari Cruises memang bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan dan keindahan alam kepulauan Indonesia baik darat maupun laut dengan berbagai aktivitas. Wisatawan bisa melakukan snorkeling, diving, mengunjungi pulau  - pulau untuk melihat kebudayaan lokal dan ikut serta pada aktivitas di dalamnya agar lebih menarik perhatian para turis.
“Kapal Phinisi” itu digunakan sebagai sarana pariwisata untuk mengunjungi berbagai macam destinasi di kepulauan Indonesia bagian timur dan menjadi operator liveaboard terbesar di Indonesia. Diperkuat dengan lima armada (Cheng Ho, Sea Safari VI, Sea Safari VII, Sea Safari 8, Sea Safari 9) yang dibuat di Batu Licin, Kalimantan, membuat jangkauan Sea Safari Cruises beragam rute.  Diantaranya Bali, Raja Ampat, Komodo, Banda Sea, Cendrawasih Bay, Halmahera, Alor, Sangihe Talaud, Lembeh dan Maumere sedangkan untuk rute Sea Safari 9 dengan tema pirate dinner cruise mempunyai rute yang beda yaitu Tanjung Benoa - Pulau Serangan. Durasi perjalanannya sekitar 2 jam 15 menit. Di sini kita dapat menikmati keindahan sunset view.
Sea Safari Cruises di bawah manajemen PT. Pelayaran Wisata laut Varuna Sakti berdiri pada tahun 1989.  Sea Safari Cruises didukung oleh tim yang dinamis dan profesional dalam mengatur program tour darat dan diving di Indonesia. Dilengkapi juga dengan ENOS transmitter untuk semua divers sebagai penjamin keselamatan selama kegiatan underwater. Dan bagi semua tamu, kami juga memberikan fasilitas berupa DAN insurance. Selain itu, armadanya dilengkapi dengan sistem keamanan dan navigasi yang terkini serta fasilitas yang nyaman sehingga dapat memberikan pengalaman tak terlupakan.
Pemilik utama dari kapal Sea Safari Cruises adalah Zainal Abidin. Perusahaan ini dikelola secara turun temurun oleh keluarga. Tarif yang ditawarkan untuk diving mulai dari Rp. 5.400.000, sedangkan. Non diving  mulai dari Rp. 4.725. 000 / 1 malam.

Fasilitas yang disediakan:  
· Deck state cabin located on the middle and upper deck with a sea-view
· Deluxe cabin located on the lower deck
· Air- conditioned cabins with private bathroom (hot and cold showers)
· A tray of toiletries in each cabin
· Dining room and Bar
· 24 hours tea and coffee making facilities
· Vegetarian food available on request
· Easy access swim/boarding platform
· Fresh water on deck shower
· Complete scuba dive equipment
· Nitrox
· ENOS transmitter for diver
· LED TV, Karaoke & DVD entertainment units, library
· Computer with Adobe Photoshop application
· 110/ 120 volt charging station
· Camera station area
· Laundry service
· On Board telecommunication
Safety On board :
Speed boat, Life saving boat, Inflatable life Raft, Life jacket, Reading buoy, Fire distinguiser, CO2 & Powder, Fire hydrant, Fire hose, Smoke detector in each room, ENOS transmitter. B

UNPAB : Selenggarakan Debat Nasional

Ditulis oleh Teks dan Foto Release UNPAB on . Posted in Tour & Travel

Biro Student Advisory Center Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB), Medan, baru saja selesai menggelar Debat Nasional dan Seminar Inspirasi Bersama Dosen Universitas Putra Malaysia, kegiatan tersebut berlangsung di mulai pada tanggal 09 - 11 November 2017 di ruang baca Perpustakaan Gedung D.
Koordinator Kopertis Sumatera Utara Dian Armanto memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Debat Ilmiah Nasional dan Seminar Inspirasi Bersama Dosen Universitas Putra Malaysia yang diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di tanah air. “Kopertis Sumut mengucapkan terima kasih kepada UNPAB yang telah melaksanakan lomba yang diharapkan dapat melahirkan ahli debat terbaik. Tidak banyak perguruan tinggi mau berbuat untuk mengadakan kegiatan kemahasiswaan sehingga kita hargai kegiatan UNPAB dan kedepan dapat dilaksanakan setiap tahun,” katanya.
Koordinator berharap pelaksanaan debat ilmiah berikutnya dapat ditingkatkan melibatkan perguruan tinggi lain di luar Indonesia termasuk dari Universitas Putra Malaysia, Singapura, Thailand dan Korea. Debat internasional dan nasional akan membawa peningkatan kualitas pendidikan.
Berkaitan dengan tema debat tentang Danau Toba, Dian Armanto yang juga Guru Besar Unimed menambahkan, mahasiswa juga dapat  memajukan pariwisata di Indonesia termasuk Danau Toba. “Ahli-ahli debat ilmiah yang dihasilkan nantinya dapat menjadi Anggota DPR RI dan DPD RI yang pandai berdebat dan akan membawa perubahan yang lebih baik,” ujarnya.
Pada kegiatan tersebut, Rektor III UNPAB Samrin juga menyampaikan pesan Rektor UNPAB Muhammad Isa Indrawan, bahwa kegiatan debat nasional tersebut dapat meningkatkan silaturahim mahasiswa di Tanah Air, dari bertukar informasi dan berdiskusi hangat lewat debat. “Adik-adik mahasiswa dari Yogyakarta dapat berbagai informasi dengan mahasiswa lain, begitu juga dengan budaya daerah masing-masing,” tuturnya.
Pimpinan UNPAB ini berharap event ini juga sebagai bagian memperingati Hari Pahlawan di mana apa yang dilaksanakan saat ini tidak terlepas dari masa lalu dan peran dari para pahlawan pendiri bangsa dan negara. “Adik-adik mahasiswa sekarang pada 20 tahun kedepan adalah pemimpin-pemimpin negara. Namun dibalik itu banyak ancaman menghadang generasi muda seperti ancaman Narkoba,” lanjut Samrin.
Sedangkan dalam kesempatan ini, dosen Universitas Putra Malaysia Nor Wahiza Abdul Wahat memberikan berbagai pengalaman agar para mahasiswa dapat meraih sukses. Menurut Nor, ciri pemimpin harus mampu menyelesaikan masalah-masalah, mampu melihat berbagai peluang dan terus berusaha, serta siap melaksanakan program pertukaran mahasiswa antar-perguruan tinggi dan berbagai program pelatihan. “untuk mengasah dan membentuk calon pemimpin masyarakat. Pengalaman yang didapat akan membawa kematangan pemimpin,” ujar Nor.
Ketua Panitia Debat Ilmiah Nasional dan Seminar Inspirasi Bersama Dosen Universitas Putra Malaysia Robi Krisna juga mengucapkan terimakasih atas antusias para peserta lomba yang terdiri dari 12 tim dari perguruan tinggi di Pulau Jawa dan Sumatera. Demikian pula dengan besarnya dukungan Kopertis Sumut, Rektor UNPAB, narasumber dan panitia. B