Kadispar Provinsi Papua

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto Rizki Indriyanah dan Istimewa on . Posted in Information

Papua adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan banyak potensi pariwisata di Papua yang belum digarap dengan optimal. Berada di paling timur Indonesia, Papua menawarkan berbagai jenis pariwisata, dari kemurnian alam, tumbuhan dan hewan, budaya dan tradisi, bahari,  bahkan gaya hidup dari masyarakat Papua yang terdiri dari berbagai etnies dan suku, serta pegunungan hijau, lembah-lembah yang indah hingga pegunungan salju abadi berada di Papua dan menjadi keunikan tersendiri daerah itu.
Di Papua terdapat 271 bahasa daerah yang terbagi menjadi tujuh wilayah adat yang tersebar dari Papua hingga Papua Barat. Dua wilayah adat berada di Papua Barat, sedangkan lima wilayah adat berada di Papua, yaitu Wilayah Adat I berada di Mamta dan terdapat 87 suku, Wilayah Adat II terdapat di Sareri dengan 31 suku, Wilayah Adat III berada di La Pago dan terdapat 19 suku, Wilayah Adat IV berada di Ha Anim dan terdapat 29 suku, serta Wilayah Adat V yang berada di Mi Pago dan terdapat 11 suku.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Papua Yoseph Is Matutina mengemukakan, bahwa pariwisata di Papua saat ini masih dalam tahap membangun, karena luasnya wilayah Papua dan sulitnya akses menuju daerah tersebut. “Wilayah Adat II Sareri di Biak, adalah salah satu wilayah adat yang sedang kami kembangkan. Sebagai wisata bahari, Biak memiliki laut yang indah dan jernih serta pasir putihnya yang lembut,” katanya.
Menurut Yoseph, pariwisata itu pilihan. Setiap wisatawan yang berwisata memiliki pilihan masing-masing ingin berwisata kemana, oleh karena itu Dinas Pariwisata Provinsi Papua terus membangun serta membenahi diri dan mengoptimalkan potensi pariwisata yang terdapat di Papua agar tak lagi tertinggal. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih, seperti membuat website yang berisi tentang informasi mengenai pariwisata Papua, sehingga memudahkan wisatawan menemukan obyek wisata apa yang ingin mereka kunjungi di Papua. “Selain membenahi diri, kami juga mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya sebaik mungkin untuk mengenalkan potensi wisata apa saja yang terdapat di sini,” ujarnya.
Di samping membangun pariwisata, saat ini Pemda Papua juga sedang mempersiapkan PON 2020. Dengan terpilihnya Kota Jayapura sebagai lokasi diselenggarakannya PON 2020, maka pariwisata yang berada di sekitar lokasi PON diselenggarakan pun terus ditingkatkan. “PON 2020 adalah moment yang tepat untuk mempromosikan dan meningkatkan pariwisata Papua,” tutup Yoseph. B