Kepulauan Togean Kabupaten Tojo Una-una : Surga Memancing Indonesia

Ditulis oleh Teks dan Foto Erwin Nurdin on . Posted in Destination

Pulau-pulau kecil tampak terhampar di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Gugusan pulau-pulau itu dikenal sebagai Kepulauan Togean.
Secara administrasi, Kepulauan Togean berada di bawah Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una dan merupakan bagian dari Taman Laut Kepulau Togean. Gugusan itu terdiri dari sekitar 400 pulau. Sebut saja pulau besarnya macam  Pulau Una-una, Batudaka, Togean, Talatakoh, Waleakodi dan Waleabahi.
Kepulauan Togean memiliki vegetasi lebat sehingga menghadirkan keteduhan. Dulunya aktivitas vulkanis membentuk kepulauan ini menyebabkan tanah subur dan gampang ditumbuhi pepohonan.  Hal ini juga membuat Togean jadi bagian dari coral triangle - yang meliputi wilayah Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Jepang, dan Australia -- dengan keanekaragaman berupa empat terumbu karang: karang tepi, karang penghalang, karang tompok, dan karang cincin.
Togean dikenal kaya akan keindahan alam bawah laut dan hamparan datarannya yang menakjubkan. Jika selama ini traveler dari seluruh dunia terpesona dengan keindahan Raja Ampat (Papua Barat) dan Derawan (Kalimantan Timur), kini mata dunia mulai menatap Togean sebagai destinasi wisata bahari yang mulai jadi favorit para pejalan -- baik dari mancanegara maupun domestik.
Ternyata Togean juga diidamkan oleh pemancing sebagai tempat memancing dengan beragam jenis ikan. Para pemancing dunia dan domestik kini menjadikan lebih 100-an titik memancing di Togean sebagai tempat yang perlu dikunjungi.
Salah satu spot memancing yang paling banyak dikunjungi adalah perairan Lindo Pulau Batudaka. Di sini ikan jenis dogtoot tuna big travealy dan ton dipong laut dengan berat 20-30 Kg dengan mudah dikail.
Kegiatan memancing ini acap dijadikan primadona dalam event wisata di antaranya Festival Pesona Lipuku, di Kabupaten Tojo Una-Una. Tahun lalu festival ini berlangsung meriah dan  mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawannya sehingga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat.
Selain memancing, dalam festival itu juga menyelenggarakan lomba renang 100 meter gaya bebas, lomba perahu layar, lomba sepeda tour de Togean Touna, lomba video drone, lomba trail adventure, lomba jet sky, lomba rally foto, marathon Touna Togean, band competition, dan lomba kuliner. B