Bandara Adelaide : Meraih Penghargaan

Ditulis oleh Teks Puti Nadhira , Foto Istimewa on . Posted in International

Australia merupakan salah satu destinasi liburan yang popular bagi masyarakat Indonesia dan Adelaide adalah satu kota di Australia yang disenangi oleh wisatawan Indonesia. Untuk dapat menikmati Adelaide, kita harus melewati Bandara Adelaide terlebih dahulu.
Bandara Adelaide  adalah bandara utama di Adelaide, Australia Selatan. Bandara ini merupakan bandara tersibuk kelima di Australia. Bandara yang terletak di sebelah pantai barat ini melayani lebih dari delapan juta penumpang pada tahun 2017. Bandara Adelaide hanya berjarak sekitar 6 km saja dari pusat kota.
Sebagai salah satu bandara terpadat di Australia, tentu banyak prestasi yang telah diraih oleh Bandara Adelaide. Salah satu prestasi yang baru saja diraih oleh Bandara Adelaide adalah berhasil meraih peringkat bandara global tertinggi dalam program benchmarking yang penilaiannya dilakukan di seluruh perusahaan real estate dan infrastruktur, sera dana aktiva pada bulan November 2017.
The GRESB Sector Leader Awards menempatkan Adelaide sebagai nomor 1 dari 13 peserta bandara di seluruh dunia. Bandara ini juga menempati peringkat ke-4 dari semua aset transportasi, dan 9 dari 160 infrastruktur aset global. Kategori penilaian tersebut meliputi manajemen, indikator kinerja, risiko dan peluang, implementasi, serta keterlibatan pemangku kepentingan. Bandara Adelaide mendapatkan nilai yang sempuran dalam kategori Implementasi, yakni mencapai 100% dan berada di depan peringkat rata-rata di semua kategori.
“Ini adalah pertama kalinya kami mengambil bagian dalam tolok ukur keberlanjutan global GRESB dan kami sangat senang melihat bahwa bisnis kami terlacak dengan baik bila dibandingkan dengan rekan-rekan kami,” kata Managing Director Bandara Adelaide Mark Young. B

Bandara Internasional Gatwick : Terbesar Kedua di Britania Raya

Ditulis oleh Teks Jonggi Aldo, Foto Istimewa on . Posted in International

Berkunjung ke Britania Raya, selain dapat melewati Bandara Internasional Heathrow yang merupakan gerbang utama Britania Raya, Anda juga dapat melewati Bandara Gatwick yang merupakan bandara terbesar kedua di Britania Raya.
Bandara Gatwick merupakan bandara dengan single runway paling efesien di dunia. Bandara ini melayani penerbangan lebih dari 228 tujuan ke 74 negara, di antaranya sebanyak 74 juta penumpang untuk penerbangan jarak dekat dan jauh.
Selain itu, Bandara Gatwick juga merupakan poros ekonomi utama di Britania Raya yang telah berkontribusi meningkatkan pendapatan negara dengan menghasilkan 85.000 pekerjaan di seluruh negeri Britania Raya.
Di penghujung tahun 2017 ini, Bandara Gatwick berhasil meraih penghargaan Environmental Awareness Award. Prestasi didapatkan atas usaha pengelola bandara untuk menjadikan Gatwick sebagai bandara paling lestari di Britania Raya. Selain itu, Tim Keamanan Bandara Gatwick juga berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori Counter Terrorism Innovation of the Year dalam ajang Security and Fire Excellence Award 2017.
Prestasi yang diraih oleh Bandara Gatwick tidak hanya itu saja. Di tahun ini, International Airport Review 2017 juga mempersembahkan penghargaan untuk Gatwick atas berbagai kontribusinya dalam penerbangan dunia. Kontribusi tersebut di antaranya adalah menjadi bandara pertama di dunia yang bisa membuang sampah maskapai kategori 1 dan merubah semua sisa organiknya menjadi energy untuk menghangatkan fasilitas bandara, membawa pemilahan sampah ke dalam bandara untuk memaksimalkan daur ulang hingga 64% pada Juni 2017 lalu yang merupakan tertinggi di Britania Raya, berhasil meraih sertifikasi sebagai bandara yang netral dari karbon, membeli listrik bersertifikasi yang dapat didaur ulang dan menjadi salah satu organisasi di Britania Raya yang memiliki tiga sertifikasi pada Carbon Trust Standar. Sertifikasi ini diterima karena Bandara Gatwick berhasil mengurangi karbon dan penggunaan air. B

Bandara Internasional Heathrow : Gerbang Utama Britania Raya

Ditulis oleh Teks Jonggi Aldo, Foto Istimewa on . Posted in International

Bandara Heathrow adalah salah satu bandara internasional terbesar yang terletak di London, Britania Raya. Bandara ini juga merupakan bandara tersibuk di Eropa dan salah satu bandara transit yang paling terkenal di dunia. Sebagai gerbang utama untuk masuk ke Britania Raya, pergerakan penumpang di bandara ini dalam setahunnya mencapai 76 juta. Demi kenyamanan penumpang, pengelola bandara berkomitmen untuk membuat perjalanan lebih baik.
Bandara Heathrow juga merupakan homebase dari 80 maskapai. Selain itu, bandara ini juga merupakan pelabuhan kargo terbesar di Britania Raya yang membantu meningkatkan pertumbuhan perdagangan Britania Raya ke 190 tujuan di dunia. Tidak heran jika bandara ini dipilih oleh penumpang sebagai Bandara Terbaik di Eropa selama tiga tahun berturut-turut dan sebagai Bandara Terbaik untuk Berbelanja selama delapan tahun berturut-turut. Karena dalam sepuluh tahun terakhir, bandara ini sudah berinvestasi lebih dari £11 milyar untuk kenyamanan penumpang.
Pengelola Bandara Heathrow pun terus meningkatkan prestasinya, salah satunya adalah berjanji  melakukan Go Electric dengan membuat semua mobil dan van menjadi electric atau hybrid sebelum 2020 untuk meningkatkan kualitas udara di sekitar bandara. Salah satu janji itu pun ditepati, bandara ini baru saja melakukan pengiriman kendaraan listriknya yang ke-50.
Di tahun ini, Bandara Heathrow juga berhasil mendapatkan penghargaan untuk Infrastruktur Beremisi Rendah dalam ajang Fleet Hero Awards 2017. Penghargaan ini diberikan karena Heathrow memiliki prestasi yang membanggakan dalam mengembangkan infrastruktur stasiun pengisian. Bandara ini memiliki lebih dari 80 stasiun pengisian bahan bakar yang dapat digunakan untuk penumpang, kolega dan kendaraan bandara.
Perubahan yang terjadi pada infrasturktur Bandara Heathrow juga turut berkontribusi atas diraihnya penghargaan Commercial Fleet Awards. Dalam ajang tersebut, bandara ini menerima penghargaan Environment and Low Carbon Award atas usaha pengelola bandara dalam meningkatkan kualitas udara dengan menggunakan kendaraan elektrik dan hybrid. B

Bandara Internasional Incheon : Terminal 2 Siap Beroperasi

Ditulis oleh Teks Puti Mauli Nadia, Foto Istimewa on . Posted in International

Bandara Internasional Incheon di Korea Selatan akan membuka Terminal 2 pada 18 Januari 2018. Pembukaan terminal 2 tersebut bertepatan dengan kedatangan wisatawan asing yang akan menonton Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018.
Pihak Bandara Internasional Incheon mengatakan, bahwa waktu ini ditetapkan untuk membiarkan staf bandara terbiasa dengan operasi dalam memfasilitasi kedatangan atlet yang akan berpatisipasi di olimpiade. Rencananya, akan ada empat maskapai yang beroperasi di terminal ini, yaitu Korean Air, Delta Air Lines, Air France, dan KLM yang semua merupakan anggota dari Sky Team.
Terminal 2 tidak hanya dilengkapi dengan semua fasilitas yang ada di Terminal 1,  tetapi juga ditambah dengan fasilitas transportasi yang lengkap berupa kereta menuju Seoul, bus yang berangkat ke daerah lain, dan parkir jangka pendek untuk pengunjung yang dijemput.
Selain itu, Terminal 2 Bandara Internasional Incheon juga dilengkapi dengan teknologi pintar terbaru seperti robot informasi dan sistem tampilan informasi penerbangan (Flight Information Display System) untuk keberangkatan dan kedatangan. Dalam peresmian terminal barunya ini, manajemen bandara juga sudah melakukan segala hal untuk memastikan keamanan tertinggi bagi keselamatan semua wisatawan.
Tentu pengalaman unik dan menarik akan didapatkan oleh wisatawan saat berkunjung ke Korea Selatan melalui Terminal 2 Bandara Internasional Incheon. Terminal 2 ini dirancang khusus untuk memberikan pengalaman unik bagi wisatawan dengan adanya sleeping box, fasilitas olahraga dan area untuk bermain bagi penumpang yang transit, observatorium untuk melihat pesawat yang datang dan pergi, Great Hall yang membentang dari B1 ke lantai 3, dinding media, dan area taman di luar terminal. B

Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji : Bak Galeri Seni

Ditulis oleh Teks dan Foto Rizki Indriyanah on . Posted in International

Jika Anda ingin berlibur ke India dan Mumbai atau Bombay adalah kota tujuan Anda di India, untuk mencapainya, maka Anda harus melewati Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Bandara Internasional Sahar. Siapa yang tidak mengenal Mumbai? Kota ini merupakan pusat hiburan dan komersial di India. Pusat perfilman Bollywood, kantor - kantor pemerintahan dan kantor penting lainnya berada di sana. Hal inilah yang membuat Mumbai menjadi Kota Metropolitan di negeri Hindustan itu.
Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji adalah bandara utama di Mumbai. Bandara ini merupakan bandara tersibuk kedua di Asia Selatan dan di India dalam lalu lintas penumpang. Bandara ini dapat menampung 40 juta penumpang per tahun.
Saat berkunjung ke Mumbai, Anda dapat menikmati keindahan arsitektur Bandara Internasional Chhatrapati Shivaj yang terlihat seperti galeri seni. Bandara ini didesain oleh Skidmore, Owings & Merill (SOM). Dengan desain terbaru, SOM sengaja menggabungkan pelayanan penumpang untuk tujuan domestik dan internasional. Tujuannya agar dapat mengurangi jarak yang harus ditempuh oleh para pengunjung, serta untuk mengoptimalisasi operasional logistik penerbangan domestik dan internasional.
SOM tidak hanya menunjukkan desain modern saja, tetapi juga juga memasukkan unsur - unsur lokal dan tradisional India yang kaya akan budaya pada Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji. Oleh karena itu, SOM membuat referensi bentuk vernakular paviliun India pada bangunan lantai empat, serta menempatkan podium utama sebagai “Headhouse”. Semua penumpang yang tiba di gedung terminal akan masuk melalui Headhouse di lantai empat. Selain itu, bangunan ini juga memiliki kanopi yang luas, sehingga dapat melindungi pengunjung bandara dari cuaca Mumbai yang tak terduga.
Ruang check in pada bandara ini didesain dengan dinding - dinding kaca tinggi yang terbuka. Di sini para pengunjung dapat menikmati kilauan cahaya yang indah. Sementara itu, di kanopi sengaja diselipkan potongan kaca - kaca kecil yang berwarna warni untuk memberikan cahaya yang indah setelah ruang check in. Hal ini memberikan efek ekor merak yang merupakan burung kebanggaan bangsa India dan sebagai simbol Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji.
Di terminal 2 bandara ini juga terdapat figura - figura kayu Rajasthan dan benda - benda seni khas India lainnya. Di tempat ini, terdapat 7.000 karya seni, sehingga menjadikannya sebagai museum terbesar di India. Museum di bandara ini dibagi menjadi 28 bagian, di mana setiap bagian memiliki kuratornya masing - masing. Museum yang berada di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji ini digadang - gadang sebagai museum yang banyak dikunjungi oleh wisatawan di dunia dan mengalahkan Museum Louvre di Paris.  B