Investor Korea Selatan Tertarik Garap Bandara

Ditulis oleh Zainal Arifin on . Posted in Domestic

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo lewat siaran pers Kemenhub menyebutkan  dari Pertemuan ke-9 ASEAN-RoK Transport Cooperation Forum  di Seoul, Korea Selatan, belum lama ini, terungkap investor Korea Selatan tertarik untuk ikut menggarap pengembangan bandara di Indonesia.
Ketertarikan itu terungkap setelah Indonesia menyampaikan paparan terkait proyek-proyek transportasi dalam pertemuan tersebut. Delegasi Indonesia memaparkan antara lain Penjaminan Proyek-Proyek Infrastruktur Transportasi dalam Public Private Partnership, Perkembangan Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Perkembangan Bandara Komodo dan Bandara Hang Nadim, dan Transit Oriented Developmet (TOD)  di Jabodetabek.
“Pada kesempatan ini sebanyak 19 perusahaan Korea tertarik untuk bertemu guna meminta penjelasan mengenai proyek-proyek infrastruktur transportasi di Indonesia,” kata Sekjen Sugihardjo yang juga merupakan STOM Leaders Indonesia, memimpin Delegasi Indonesia pada pertemuan ini.
Pertemuan tersebut dipimpin bersama (co-chair) oleh Sugihardjo dan Vice Minister of Ministry of Land, Infrastructure and Transport Korea Kyung-Hwan Kim. Pertemuan ini membahas kerja sama di bidang transportasi antara kedua negara yang meliputi berbagi pengalaman mengenai Public Private Partnership (PPP) dan peluang-peluang untuk kerja sama dan investasi di sektor transportasi darat, udara, dan perkeretaapian.
“Pihak Korea menyatakan ketertarikannya dan menunjuk Director Overseas Construction and Supporting Division untuk menindaklanjuti hal tersebut,” ujar Sugihardjo seusai acara.(*/B)