Pulau Indo : Surga Tersembunyi di Muna Barat

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto Erwin Nurdin on . Posted in Domestic

Seiring dengan diresmikannya terminal baru Bandara Sugimanuru pada 18 Desember 2017 dan didukung dengan adanya dua penerbangan di bandara itu yang dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dan Wings Air, Pemerintah Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, terus berupaya menggenjot kunjungan wisatawan ke daerah tersebut dengan menjadikan Pulau Indo sebagai   icon wisata di Muna Barat.
“Dengan wajah baru Bandara Sugimanuru, memacu semangat kami untuk terus menggali potensi wisata Muna Barat guna menggenjot kunjungan wisatawan ke Kabupaten Muna Barat, sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui sektor pariwisata. Salah satunya adalah dengan menjadikan Pulau Indo yang merupakan surga tersembunyi di Muna Barat sebagai icon,” kata Bupati Muna Barat Laode Muhammad Rajiun Tumada didampingi Kepala Dinas Pariwisata Abdul Naser.
Pulau Indo oleh masyarakat setempat dijuluki sebagai Bali-nya Muna. Wajar saja jika pulau tersebut dijuluki seperti itu. Karena pantai di Pulau Muna memiliki keindahan alam yang memukau. Banyak juga yang bilang, bahwa Pulau Indo ini lebih indah dibandingkan dengan Pulau Dewata, Bali.
Pulau tak berpenghuni itu memang khusus hanya dijadikan sebagai destinasi wisata bahari Muna Barat. Di sepanjang Pulau Indo terbentang panorama pantai yang indah, birunya air laut yang jernih, pasirnya yang putih serta semilir angin yang sepoi-sepoi  di pantai membuat wisatawan yang berkunjung ke Pulau Indo enggan meninggalkan pulau tersebut.
Di samping itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muna Barat Abdul Naser mengungkapkan bahwa di Pulau Indo akan dilakukan penataan fasilitas penunjang utama sehingga menarik perhatian dan simpati wisatawan. “Kami akan menyiapkan sejumlah personil yang terlatih untuk dijadikan pemandu wisata di Pulau Indo, serta sejumlah fasilitas pendukung lainnya. Vila-vila yang rusak juga akan kami renovasi. Semua fasilitas penunjang pulau ini sebagai icon wisata akan terus kami benahi, terutama teknologi informasi dan komunikasi, dermaga hingga penerangan jalan dengan menggunakan tenaga surya sebagai wujud pengembangan destinasi wisata bahari ini,” ujarnya. B