Lion Group dan CFM : Tandatangani Kesepakatan Pemesanan Mesin LEAP-1A

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto Rizki Indriyanah dan Istimewa on . Posted in Domestic

Kamis, 29 Maret 2018, Transportation Partners, perusahaan leasing milik Lion Group, bersama CFM International menandatangani kesepakatan bersama merealisasikan pemesanan 380 unit mesin LEAP-1A yang akan digunakan pada pesawat Airbus A320neo/A321neo. Kesepakatan pemesanan senilai $5,5 miliar ini sudah diumumkan pada Februari 2016 lalu, sementara pemesanan pesawat diumumkan pada Maret 2013.
Selain mesin LEAP-1A, Lion Group juga sudah memesan 544 unit mesin LEAP-1B yang digunakan pada pesawat Boeing 737 Max 8, Max 9, dan Max 10, dimana 10 unit pesawat tersebut sudah dioperasikan oleh Lion Air. Lion Group merupakan pengguna mesin LEAP terbesar di dunia dengan total armada lebih dari 924 mesin LEAP dan nilai total lebih $13,4 miliar.
President and Chief Executive of Lion Air Group Edward Sirait mengemukakan, bahwa Lion Air Group sangat senang bekerja sama dengan CFM yang sejalan untuk meningkatkan dan memperkuat strategi bisnis dengan melakukan pemesanan mesin LEAP dan CFM56. “Pilihan kami untuk menggunakan mesin CFM pada A320neo family juga Boeing 736 Max adalah keputusan yang tepat. Kedua jenis pesawat tersebut adalah elemen penting dan utama dalam pertumbuhan jangka panjang dan CFM sudah mendukung operasional maskapai kami untuk terus berkembang. Jenis mesin CFM sudah bersama kami sejak awal. Kami optimis, bahwa mesin ini akan memberikan kinerja kelas dunia, dengan nilai lebih antara lain efisiensi ekonomi, keandalan dan tetap membantu mewujudkan rencana Lion Air Group untuk terus berkembang,” katanya.
Di samping itu, kesepakatan ini juga termasuk perluasan layanan Material Service Agreement (MSA) selama 25 tahun untuk mesin CFM56-7B, CFM56-5B, serta LEAP-1B yang ditandatangani pada tahun 2014 lalu, dan kedepannya juga akan mencakup mesin LEAP-1A.
Lion Group sudah menjadi pelanggan CFM sejak tahun 2000 dan seluruh armada pesawat berbadan sempit dengan lorong tunggal yang berjumlah sebanyak 690 pesawat, baik yang sudah beroperasi dan dalam pemesanan menggunakan mesin yang diproduksi oleh CFM. Dan mesin CFM56 yang sudah dipesan oleh Lion Group akan digunakan pada pesawat Airbus A320 neo dan Boeing Next-Generation 737, serta mesin model LEAP-1A dan LEAP-1B yang masing-masing akan digunakan pada pesawat A320neo dan 737 MAX. B