STTKD Yogyakarta; Dosen Terus Belajar

0
28

Bukan hanya taruna saja yang harus belajar, tetapi juga para pendidik agar semakin kaya ilmu. Hal ini lah yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta. Kegiatan yang dilaksanakan pada 24-27 Agustus 2020 lalu bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih kepada para dosen STTKD mengenai kebandarudaraan.

Acara dengan tema “Pengembangan Keilmuan Dosen di Bidang Kebandarudaraan Untuk Peningkatan Kualitas Lulusan” merupakan kegiatan sharing ilmu oleh M. Wasfan Wahyu Widodo, sebagai praktisi yang telah memiliki pengalaman di bidang kebandarudaraan selama 32 tahun, kepada dosen STTKD. Pada kesempatan itu, Wasfan mengatakan bahwa ilmu kebandarudaraan tidak sekedar mengenai gedung terminal bandara maupun landasan pacu saja namun juga keilmuan yang terkait dengan stakeholder bandar udara.

Adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan ilmu yang lebih mendalam kepada dosen STTKD agar dapat meningkatkan kualitas lulusan, sehingga taruna/i STTKD memiliki nilai lebih pada saat praktek kerja di dunia nyata.

“Kreativitas, inovasi dan ketrampilan taruna-taruni STTKD adalah nilai lebih yang selalu ditanamkan untuk bersaing dalam industri penerbangan,” ujar Ketua STTKD Vidyana Mandrawaty.

Sejak didirikan pada 1 Oktober 1994 oleh Marsda TNI (Purn) H. Udin Kurniadi, STTKD Yogyakarta telah ribuan wisudawan dari berbagai bidang studi. STTKD mempunyai visi untuk menjadi pusat keunggulan di bidang kedirgantaraan pada tahun 2025. Program pendidikan yang ditawarkan diantaranya adalah S1 Teknik Kedirgantaraan, D4 Manajemen Transportasi Udara, D3 Aeronautika, D3 Manajemen Transportasi, D1 Pramugari, dan D1 Ground handling.

Banyak dari wisudawan yang sudah memiliki pekerjaan bahkan sebelum lulus. Wakil Ketua 1 Bidang Akademik STTKD Erwhin Irmawan mengatakan bahwa salah satu hal yang menjadi faktor pendukung adalah luasnya jaringan alumni yang membantu wisudawan dalam mendapatkan pekerjaan serta membimbing saat sudah bekerja. Lulusan STTKD mempunyai ciri khas, yaitu lima T, takwa, teknokrat, tanggap, tanggon, dan trengginas. Ciri khas ini yang membuat lulusan STTKD sangat diminati di berbagai bidang penerbangan. B

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here