Derawan, Surga di Timur Kalimantan

0
65

Terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Kepulauan Derawan kini terkenal dengan keindahan alamnya. Tidak hanya oleh wisatawan domestic, Kepulauan Derawan juga dikunjungi oleh wisatawan internasional.
Untuk sampai di Kepulauan Derawan, wisatawan perlu menggunakan transportasi darat selama 2 – 3 jam dari Bandara Kalimarau menuju Pelabuhan Tanjung Batu. Kemudian, perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal selama kurang lebih 30 menit.
Rasa lelah akibat perjalanan akan terbayar begitu melihat cantiknya pemandangan di Pulau Derawan. Selain pemandangan yang cantik, fasilitas yang terawat dan pantai yang bersih akan meningkatkan kenyamanan bagi para wisatawan.
Pulau Derawan terkenal akan terumbu karangnya. Dengan jumlah spesies terumbu karang yang mencapai 470, Pulau Derawan mempunyai keberagaman biodiversitas nomor dua setelah Kepulauan Raja Ampat.
Tingginya biodiversitas di Kepulauan Derawan ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Di sini, wisatawan dapat melihat paus, lumba-lumba, dan penyu baik penyu hijau maupun penyu sisik.
Penyu tersebut terdapat di Pulau Sangalaki. Pulau ini mempunyai penangkaran penyu dimana penyu akan kembali dilepas ke laut ketika sudah saatnya. Selain itu, wisatawan dapat melihat ikan pari manta di perairan pulau ini.
Kemudian wisatawan dapat snorkeling bersama ubur-ubur tanpa sengat atau stingless jellyfish di Danau Kakaban yang terletak di Pulau Kakaban. Meskipun begitu, jika Anda berminat untuk berenang bersama ubur-ubur, Anda dilarang untuk menggunakan sunblock atau body lotion supaya tidak mencemari danau ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here