Saunan Rasyid : Semua Berawal dari Senyum

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto Istimewa on . Posted in Hotel

Sembilan belas tahun sudah Saunan Rasyid melanglang buana di bidang hospitality. Pria kelahiran Ketapang, kalimantan Barat, 27 Desember ini mengawali karirnya di bidang hospitality di Pontianak. Dari Pontianak, lalu ia bertugas di Anyer, Tegal, Samarinda, lalu kembali lagi ke Pontianak dan kini di Tegal.
Menurut Saunan, hal yang paling mengesankan selama bekerja di bidang hospitality adalah ketika ia mendapatkan undangan dari Walikota Tegal untuk rapat ulang tahun Kota Tegal. Dalam rapat tersebut, tanpa sengaja ia mencetuskan ide membuat pusat kuliner di Tegal. “Pusat Kuliner Tegal Laka Laka itu adalah ide saya yang tanpa disengaja tercetus saat rapat ulang tahun Kota Tegal,” katanya.
Berkarir di bidang hospitality adalah pilihan Saunan. Keinginannya untuk terus menghibur orang lain, melayani dengan tulus dan senang belajar dari setiap karakter orang yang dijumpai adalah hal yang membuat Saunan menyukai kerja di bidang hospitality. “Esensi bidang perhotelan adalah yang bisa melayani orang lain dengan baik dan ikhlas, saya senang bisa melakukan itu,” ungkap Saunan.
Selain itu, hingga kini ia juga selalu teringat dengan pesan yang disampaikan oleh Direksi Pesonna Hotel Tegal agar tidak melayani minuman beralkohol, fokus dalam bekerja dan bangun akhlak orang lain.
“Tidak hanya teori tentang dunia melayani, tapi juga kepada intinya yaitu perbaikan akhlak karyawan secara terus menerus. Semua berawal dari senyum, jika kita murah senyum kepada orang lain, maka orang akan tersenyum pada kita.
Senyuman membuat semua berubah. Akhlak yang baik tidak hanya di tempat kerja, tetapi di luar tempat kerja juga. Jadi terus membangun akhlak tidak akan rugi, karena di manapun berada kita Insya Allah akan diterima.” tuturnya. B